Ahmad Eskha, - (2018) Peran perpustakaan sebagai sumber belajar. Jurnal Imam Bonjol : kajian ilmu informasi dan perpustakaan, 2 (1): 2. pp. 12-18. ISSN 2549-1091
PERAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR _ Eskha _ Jurnal Imam Bonjol.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Perpustakaan adalah suatu unit kerja dari suatu lembaga yang berisi koleksi buku sebagai penunjang dalam meningkatkan sumber belajar yang diatur untuk dibaca, dipelajari, dan dijadikan bahan rujukan.Suatu lembaga pendidikan tidak mungkin dapat terselenggara dengan baik jika para guru dan para siswa tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Smith dkk dalam buku ensiklopedianya yang berjudul “EDUCATOR’S ENCYCLOPEDIA” menyatakan “School Library is a Center for Learning”, yang artinya perpustakaan itu merupakan sumber belajar. Learning Resourcesmerupakan pokok sumber, baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, secara terpisah maupun terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik untuk mencapai tujuan belajar dan mencapai kompetensi tertentu. Pusat sumber belajar adalah suatu unit dalam suatu lembaga (khususnya sekolah, Universitas, dan Perusahaan) yang berperan penuh untuk mendorong efektivitas serta optimalisasi proses pembelajaran melalui penyelenggaraan berbagai fungsi layanan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | UPT Perpustakaan > Pustakawan |
Depositing User: | Ahmad Eskha Pustakawan |
Date Deposited: | 05 May 2023 01:42 |
Last Modified: | 05 May 2023 01:42 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1543 |