Sepriyanti, Nana (2022) Pengembangan LKPD matematika berbasis group investigation untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. MATH EDUCA, 6 (1). ISSN 2598-2133
24-Pengembangan LKPD matematika berbasis group investigation untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.pdf - Published Version
Download (565kB)
Abstract
Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa LKPD matematika yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan nilai rata-rata
84,9%. LKPD matematika yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis dengan nilai rata-rata 87,3% untuk pendidik dan 84,6% untuk peserta didik. LKPD matematika yang dikembangkan juga memenuhi kriteria efektif
dengan nilai rata-rata 88%. Keefektifan pengembangan LKPD berbasis Group investigation dilihat berdasarkan
ketuntasan hasil tes Kemampuan Komunikasi matematis yang berasal dari 12 orang peserta didik. Berdasarkan
hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis model Group Investigation berada
pada kategori valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat
meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Para pendidik dapat mempertimbangkan
pemakaian LKPD berbasis Group Investigation ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di
kelas.
Kata kunci: LKPD, Group Investigation, Komunikasi Matematis
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 08:24 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 08:24 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/869 |