Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Efektivitas model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMPN 24 Padang

Sepriyanti, Nana (2017) Efektivitas model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMPN 24 Padang. MATH EDUCA, 1 (2). ISSN 2598-2133

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
17-Efektivitas model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMPN 24 Padang.pdf - Published Version

Download (518kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis
peserta didik masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan pema-
haman konsep matematis dan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP N 24 Padang yang
belajar menggunakan model treffinger dengan peserta didik yang belajar dengan pendekatan saintifik kurikulum
2013. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian adalah Randomized
Control Group Only Design menggunakan teknik Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-
rata pemahaman konsep matematis peserta didik kelas eksperimen adalah 76,61 dan rata-rata kelas kontrol ada-
lah 71,49, thitung=1,826 dan ttabel= 1,645 dengan taraf kepercayaan 95%. Sedangkan rata-rata kemampuan pemec-
ahan masalah matematis peserta didik kelas eksperimen adalah 75,42 dan rata-rata kelas kontrol adalah 70,80,
thitung= 1,748 dan ttabel= 1,645 dengan taraf kepercayaan 95%. ini berarti thitung> ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa
hipotesis yang diajukan diterima, artinya kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis
peserta didik kelas VII SMP N 24 Padang yang belajar menggunakan model treffinger lebih tinggi dibandingkan
dengan peserta didik yang belajar dengan pendekatan saintifik kurikulum 2013.
Kata kunci: Pemahaman konsep, pemecahan masalah matematis, model pembelajaran Treffinger

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 13 Dec 2022 07:33
Last Modified: 13 Dec 2022 07:33
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/862

Actions (login required)

View Item
View Item