Sepriyanti, Nana (2017) Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis realistic mathematic education pada materi system persamaan linear. MATH EDUCA JOURNAL, 1 (1). ISSN 2580-6726
13-Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis realistic mathematic education pada materi system persamaan linear.pdf - Published Version
Download (922kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan modul pembelajaran matematika berbasis RME yang
memenuhi kriteria valid; dan 2) menghasilkan modul pembelajaran matematika berbasis RME yang memenuhi
kriteria praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D
menurut S. Thiagarajan (1974) yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu define, design, develop dan
disseminate. Penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap develop. Tahap define terdiri dari: a) analisis awal akhir;
b) analisis peserta didik; c) analisis konsep; d) analisis tugas; dan e) spesifikasi tujuan pembelajaran. Tahap de-
sign terdiri dari: a) perancangan modul; b) perancangan instrumen dan validasi instrumen penilaian modul.
Tahap develop terdiri dari: a) validasi modul oleh ahli; b) uji coba modul; c) melihat respon guru dan peserta
didik; dan d) wawancara dengan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan penilaian
validator, modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan rata-rata 83,63%. Berdasarkan pada hasil
pengisian angket respon guru, angket respon peserta didik, dan wawancara dengan peserta didik menunjukan
bahwa modul yang dikembangkan sangat praktis digunakan pada pembelajaran matematika materi sistem
persamaan linear dengan rata-rata 85,24% oleh guru dan 82,40% oleh peserta didik.
Kata kunci: Pengembangan, Sistem Persamaan Linear, Pendidikan Matematika Realistik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 05:21 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 05:21 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/858 |