Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Kemampuan literasi matematis peserta didik dalam perspektif gender di kelas X MIA 7 SMAN 10 Padang

Sepriyanti, Nana (2019) Kemampuan literasi matematis peserta didik dalam perspektif gender di kelas X MIA 7 SMAN 10 Padang. MATS EDUCA JOURNAL, 3 (2). ISSN 2598-2133

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
10-Kemampuan literasi matematis peserta didik dalam perspektif gender di kelas X MIA 7 SMAN 10 Padang.pdf - Published Version

Download (512kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui kemampuan literasi matematis peserta didik laki-laki;
2) mengetahui kemampuan literasi matematis peserta didik perempuan; 3) mengetahui ada atau tidaknya
perbedaan kemampuan literasi matematis antara peserta didik laki-laki dan perempuan di Kelas X MIA 7 SMAN
10 Padang.Jenis penelitian ini adalah penelitian kombinasi (Mixed Methods).Berdasarkan hasil dan
pembahasan penelitian, diperoleh bahwa: 1) kemampuan literasi matematis peserta didiklaki-laki
menunjukkan kategoricukup yaitu 65,25; 2) kemampuan literasi matematis peserta didik perempuan
menunjukkan kategori cukup yaitu 59,14; 3) dilihat dari data nilai kemampuan literasi matematis yang telah
dilakukan, menunjukkan peserta didik laki-laki mendapatkan skor kemampuan literasi lebih besar,
dibandingkan dengan skor literasi matematis peserta didik perempuan. Selanjutnya, dengan menggunakan uji
Independent Sampel T-Test diperoleh perbandingan (11,10>2,03). Artinya ditolak, diterima
sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis antara peserta didik laki-laki
dan perempuan.
Kata kunci: Literasi Matematis, Gender

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 13 Dec 2022 05:09
Last Modified: 13 Dec 2022 05:09
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/855

Actions (login required)

View Item
View Item