Sepriyanti, Nana (2019) Kemampuan literasi matematis peserta didik dalam perspektif gender di kelas X MIA 7 SMAN 10 Padang. MATS EDUCA JOURNAL, 3 (2). ISSN 2598-2133
10-Kemampuan literasi matematis peserta didik dalam perspektif gender di kelas X MIA 7 SMAN 10 Padang.pdf - Published Version
Download (512kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui kemampuan literasi matematis peserta didik laki-laki;
2) mengetahui kemampuan literasi matematis peserta didik perempuan; 3) mengetahui ada atau tidaknya
perbedaan kemampuan literasi matematis antara peserta didik laki-laki dan perempuan di Kelas X MIA 7 SMAN
10 Padang.Jenis penelitian ini adalah penelitian kombinasi (Mixed Methods).Berdasarkan hasil dan
pembahasan penelitian, diperoleh bahwa: 1) kemampuan literasi matematis peserta didiklaki-laki
menunjukkan kategoricukup yaitu 65,25; 2) kemampuan literasi matematis peserta didik perempuan
menunjukkan kategori cukup yaitu 59,14; 3) dilihat dari data nilai kemampuan literasi matematis yang telah
dilakukan, menunjukkan peserta didik laki-laki mendapatkan skor kemampuan literasi lebih besar,
dibandingkan dengan skor literasi matematis peserta didik perempuan. Selanjutnya, dengan menggunakan uji
Independent Sampel T-Test diperoleh perbandingan (11,10>2,03). Artinya ditolak, diterima
sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis antara peserta didik laki-laki
dan perempuan.
Kata kunci: Literasi Matematis, Gender
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 05:09 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 05:09 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/855 |