Sulastri, Irta (2020) Penggunaan media social dalam berdakwah: study terhadap da’I di Kota Padang. AL-MUNIR JURNAL KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM, 11 (2). ISSN 2657-0521
2-enggunaan media social dalam berdakwah study terhadap da’I di Kota Padang.pdf - Published Version
Download (961kB)
Abstract
Metode penelitian ini adalah kualitatif
untuk mendapatkan data tentang cara da’i menggunakan media sosial dalam berdakwah dan
untuk mendapatkan data tentang pertimbangan da’i dalam memposting suatu konten dalam
media sosial. Sedangkan untuk mendapatkan data tentang konten yang diposting da’i dalam
berdakwah, digunakan metode analisis isi. Subjek penelitian ini adalah da’i yang berdakwah di
Kota Padang yang aktif dan rutin menggunakan media sosial dalam dakwahnya. Temuan
penelitian ini menunjukkan bahwa cara da’i menggunakan media sosial dalam berdakwah ada
yang dilakukan secara mandiri dan ada juga yang dibantu oleh tim kerjanya. Postingan da’i
berupa konten keagamaan pada facebooknya dan ada juga yang membuat group facebook
tertutup. Konten yang dibagikan da’i pada media sosial mengenai ketauhidan, ibadah dan
muamalah dalam bentuk kritik sosial, tausiah, motivasi, undangan, dan ucapan. Sedangkan
pertimbangan da’i dalam memposting suatu konten keagamaan dalam rangka menyikapi isu di
tengah masyarakat, menjawab pertanyaan pengguna pada media sosial, inisiatif sendiri dan untuk
memberikan pencerahan.
Kata kunci : dakwah; media sosial; postingan; share
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 08:52 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 08:52 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/830 |