Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Nilai-nilai psikologi pendidikan dalam sejarah hidup Buya Hamka

Ilham, Muhammad (2020) Nilai-nilai psikologi pendidikan dalam sejarah hidup Buya Hamka. MAJALAH ILMIAH TABUAH, 24 (2). ISSN 2614-7793

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
7-Nilai-nilai psikologi pendidikan dalam sejarah hidup Buya Hamka.pdf - Published Version

Download (463kB)

Abstract

Kehadiran seorang tokoh, selalu memberikan implikasi bagi perubahan masyarakat. Perjalanan
hidupnya, menjadi referensi dan inspirasi. Salah satunya adalah Buya Hamka. Dikenal sebagai tokoh
yang memiliki penguasaan ilmu yang otoritatif di berbagai disiplin keilmuan. Salah satunya, di bidang
psikologi pendidikan. Penulis membahas beberapa buku otobiografi Buya Hamka yang bertujuan untuk
melihat kontribusi filosofis-etismologis dan relevansinya di bidang psikologi pendidikan tersebut.
Penelitian ini dikategorikan kepada penelitian kualitatif, jenis penelitian library research, dengan titik
fokus epistimologiknya kepada studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan adanya nilai-nilai filosofis-
epistimologik dalam kajian psikologi pendidikan berdasarkan perjalanan hidup Buya Hamka, seperti
kejujuran, kecerdasan, keuletan, konsistensi, pemaaf dan semangat egaliter, yang sangat fungsional dan
relevan dengan pendidikan saat ini.
Kata Kunci: Buya Hamka, Psikologi Pendidikan, Otobiografi

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:49
Last Modified: 05 Dec 2022 03:49
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/758

Actions (login required)

View Item
View Item