Ilham, Muhammad (2020) Nilai-nilai psikologi pendidikan dalam sejarah hidup Buya Hamka. MAJALAH ILMIAH TABUAH, 24 (2). ISSN 2614-7793
7-Nilai-nilai psikologi pendidikan dalam sejarah hidup Buya Hamka.pdf - Published Version
Download (463kB)
Abstract
Kehadiran seorang tokoh, selalu memberikan implikasi bagi perubahan masyarakat. Perjalanan
hidupnya, menjadi referensi dan inspirasi. Salah satunya adalah Buya Hamka. Dikenal sebagai tokoh
yang memiliki penguasaan ilmu yang otoritatif di berbagai disiplin keilmuan. Salah satunya, di bidang
psikologi pendidikan. Penulis membahas beberapa buku otobiografi Buya Hamka yang bertujuan untuk
melihat kontribusi filosofis-etismologis dan relevansinya di bidang psikologi pendidikan tersebut.
Penelitian ini dikategorikan kepada penelitian kualitatif, jenis penelitian library research, dengan titik
fokus epistimologiknya kepada studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan adanya nilai-nilai filosofis-
epistimologik dalam kajian psikologi pendidikan berdasarkan perjalanan hidup Buya Hamka, seperti
kejujuran, kecerdasan, keuletan, konsistensi, pemaaf dan semangat egaliter, yang sangat fungsional dan
relevan dengan pendidikan saat ini.
Kata Kunci: Buya Hamka, Psikologi Pendidikan, Otobiografi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 03:49 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 03:49 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/758 |