Fakhlina, Resty Jayanti (2021) Digital divide: strategi perpustakaan sekolah menghadapi era society 5.0 di masa pandemic Covid-19. MAKTABATUNA: JURNAL KAJIAN KEPUSTAKAWANAN, 3 (2). ISSN 2723-0171
5-Digital divide strategi perpustakaan sekolah menghadapi era society 5.0 di masa pandemic Covid-19.pdf - Published Version
Download (407kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan teknologi informasi
dan komunikasi dalam mengatasi kesenjangan digital dan menjadi prioritas utama dalam
menghadapi era society 5.0. Perkembangan TIK ini dipacu oleh kondisi pandemi COVID 19 yang
mewabah di seluruh dunia. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kualtiatif
dengan mengumpulkan data wawancara melalui 6 orang informan. Hasil penelitian menyatakan
bahwa perpustakaan sekolah sudah mengambil langkah-langkah strategis untuk memenuhi
kebutuhan informasi pemustaka dalam menghadapi era society 5.0 dan pandemi COVID 19 yang
melanda Indonesia. Mulai dari menyediakan infrastuktur untuk mengatasi kesenjangan akses
digital, sampai pada memberikan pelatihan dalam menelusur informasi secara daring untuk
mengurangi kesenjangan kemampuan digital siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
perpustakaan sekolah memiliki kewajiban untuk meminimalisir terjadinya kesenjangan digital
dalam menghadapi era society 5.0 dan pandemi COVID 19.
Kata Kunci: Kesenjangan Digital; Kesenjangan Akses Digital; Kesenjangan Kemampuan
Digital; Era Society 5.0; COVID 19; dan Perpustakaan Sekolah.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 29 Nov 2022 04:42 |
Last Modified: | 29 Nov 2022 04:42 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/745 |