Rahmi, Lailatur (2021) Checklist method for evaluation of library collection. KHIZANAH AL-HIKMAH, 10 (1). ISSN 2549-1334
18-Checklist method for evaluation of library collection.pdf - Published Version
Download (324kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis ketersediaan koleksi
bahan ajar mata kuliah wajib pada Program Diploma Ilmu Perpustakaan untuk memenuhi
kebutuhan dosen dalam mendukung kurikulum pembelajaran. Penelitian ini dilakukan
dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode checklist. Data penelitian
berasal dari daftar bacaan RPKS/Silabus mata kuliah wajib pada program dan hasil
wawancara. Hasil penelitian ini memuat penjelasan koleksi berdasarkan jenis subyek koleksi,
bahasa koleksi, dan persentase ketersediaan koleksi terhadap kebutuhan dosen pada
program. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis koleksi yang digunakan dosen pada
tahun ajar 2018/2021 yakni 75% menggunakan buku ajar berbahasa Inggris dan pedoman
khusus terkait ilmu perpustakaan khususnya dalam pengolahan koleksi baik internasional
maupun dari Perpustakaan Nasional. Analisis data menyimpulkan bahwa jumlah daftar
bacaan dari 22 mata kuliah wajib adalah 172 judul dengan rata-rata 1-2 eksemplar yang
bersumber dari pembelian dan hadiah jika lebih dari 10 eksemplar. Telaah data dokumen
menghasilkan jumlah ketersediaan daftar bacaan pada 22 mata kuliah adalah 64 judul
(37,2%) tersedia dan tidak tersedia sebanyak 108 judul (62,7%).
Kata kunci: Metode cheklist; pengembangan koleksi; evaluasi koleksi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 05:06 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 05:06 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/743 |