Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Pengoptimalisasian keterampilan literasi informasi ilmiah guru pendidikan agama islam

Rahmi, Lailatur and Fakhlina, Resty Jayanti (2020) Pengoptimalisasian keterampilan literasi informasi ilmiah guru pendidikan agama islam. KHIZANAH AL-HIKMAH, 8 (1). ISSN 2549-1334

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
13-Pengoptimalisasian keterampilan literasi informasi ilmiah guru pendidikan agama islam.pdf - Published Version

Download (497kB)

Abstract

Literasi informasi dalam setiap aspek pengetahuan dan pembelajaran sangat
penting untuk terus dikembangkan, khususnya untuk pembelajaran agama Islam. Gerakan
literasi informasi perlu ditanamkan dalam setiap jenjang pendidikan sejak dini di bangku
sekolah, tujuannya untuk mendidik siswa agar ‘melek’ terhadap perkembangan ilmu
pengetahuan khususnya pengetahuan agama Islam. Penelitian kualitatif deskriptif ini
menggambarkan bagaimana model keterampilan literasi guru Pendidikan Agama Islam di Kota
Padang. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner dan wawancara langsung dengan
komunitas Majlis Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP-PAI) tingkat SMA se
kota padang yang beranggotakan 50 orang dan 3 pengawas. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa Guru PAI tingkat SMA perlu mengoptimalkan keterampilan literasi informasi agar dapat
menyebarkan pengetahuan agama dari berbagai sumber informasi yang akurat dan terbebas
dari “hoax information”. Selain itu, terdapat empat model keterampilan literasi informasi guru
dalam penelusuran informasi ilmiah yaitu skill mengidentifikasi fakta atau hoax, skill literasi
informasi dalam pembelajaran, skill teknik penulisan ilmiah, dan skil temu balik informasi.
Kata kunci: Literasi informasi; model penelusuran informasi; kualitas guru.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 28 Nov 2022 04:35
Last Modified: 29 Nov 2022 04:50
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/737

Actions (login required)

View Item
View Item