Bashori, Bashori (2019) Konsep pendidikan Hadhari bagi pendidikan islam. HIKMAH JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 8 (1).
49-Konsep pendidikan Hadhari bagi pendidikan islam.pdf - Published Version
Download (852kB)
Abstract
Persoalan pendidikan islam sedari dahulu hingga sekarang menjadi kajian sosial yang menarik
untuk tetap dikaji. Persoalan relevansi pendidikan islam, kurikulum pendidikan islam, hingga
dikotomi pendidikan menjadi hal yang masih eksis dalam kajian akademik. Salah satu peran
dalam melihat banyaknya persoalan tersebut, maka diperlukan pembaharuan strategi
pendidikan yang membumi, dan untuk melakukan pembaharuan pendidikan Islam diperlukan
paradigma pendidikan yang mampu mengarahkan pada tujuan dan sasaran pendidikan Islam.
Islam sendiri tidak mengenal adanya dikotomi. Al-Qur’an dan Hadis sebagai sumber umat
Islam telah memberikan penjelasan yang lugas adanya ilmu pengetahun (Science) dan
pemahaman agama secara baik. Masalah dikotomi keilmuan pun menjadi persoalan yang
tidak pernah habisnya diperdebatkan dalam pendidikan Islam. Dari uraian tersebut, secara
fundamental pendidikan hadhari adalah pendidikan yang berupaya membangkitkan kembali
spirit keilmuan Islam yang integratif tanpa dikotomi dengan menginternalisasikan prinsip-
prinsip wahyu dan etika Islam tentang pendidikan. Ketiga entitas yaitu hadharah al-nash,
hadharah al-falsafah dan hadharah al-‘ilm adalah entitas yang tidak dapat berdiri sendiri.
Hadharah al-nash tidak bisa berdiri sendiri tanpa hadharah al-‘ilm dan hadharah al-falsafah
dan sebaliknya. Relevansi pendidikan hadhari dengan permasalahan pendidikan Islam saat ini
adalah pendidikan Islam harus mampu menginternalisasikan sumber nilai-nilai Al-Qur’an dan
hadis dalam melihat permasalahan kontemporer sebagai landasan penyelesaian pendidikan
Islam.
Kata Kunci: Hadhari, Pendidikan Islam
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 07:42 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 07:42 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/708 |