Bashori, Bashori (2020) Peran kepemimpinan di lembaga pendidikan islam. PRODU: PROKURASI EDUKASI-JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 2 (1). ISSN 2721-3439
40-Peran kepemimpinan di lembaga pendidikan islam.pdf - Published Version
Download (722kB)
Abstract
epemimpinan adalah kemampuan dan kesiapan seseorang untuk dapat mempengaruhi, mendorong,
mengajak, menuntun, menggerakkan orang lain agar dapat membantu pencapaian tujuan-tujuan tertentu.
Kepemimpinan pada hakikatnya berhubungan dengan tenaga manusia yang terorganisasi, dan sebagai satu
kekuatan atau potensi. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mengalisis peran
kepemimpinan di lembaga pendidikan Islam. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan studi
pustaka (libarry research). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi pemimpinan yaitu; 1) Fungsi
instruksi; 2) Fungsi konsultasi; 3) Fungsi partisipasi; 4) Fungsi delegasi; dan 5) Fungsi pengendalian.
Adapun peran pemimpin adalah; a) Pemimpin masa depan harus fleksibel dan mempunyai pengalaman
yang luas; b) Sebagai kepala organisasi menjadi suatu fungsi yang diperlukan, bukan suatu hal yang remeh
yang harus dilegasikan kepada orang lain; dan c) Pembuatan kebijakan tidak lagi efektif terpusat di puncak
organisasi.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Lembaga Pendidikan Islam
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 07:05 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 07:05 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/699 |