Bashori, Bashori (2021) Analisis kebijakan pemerintah melalui surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri tentang atribut di lingkungan sekolah pemerintah. PRODU: PROKURASI EDUKASI-JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 2 (2). ISSN 2721-3439
33-Analisis kebijakan pemerintah melalui surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri tentang atribut di lingkungan sekolah pemerintah.pdf - Published Version
Download (738kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengeksplorasi dan menganalisis melalui pendekatan model kebijakan pendidikan. Metode
penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif dengan pendekatan konten analisis (Analisis
Content). Sumber data penelitian menggunakan data primer dari SKB dalam kajian ini, dan didukung
oleh berbagai sumber data sekunder yang masih relevan dengan kajian penelitian ini. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Yang melatarbelakangi keluarnya kebijakan SKB 3 Menteri
adalah adanya persolan yang muncul di masyarakat tentang atribut berjilbab di lingkungan sekolah
pemerintah; 2) Perumusan kebijakan SKB 3 Menteri melalui beberapa tahapan yaitu; perumusan
masalah, peramamalan (forecasting), rekomendasi kebijakan, monitoring kebijakan, dan penilaian
kebijakan; 3) Dampak dari terimplementasikannya SKB 3 Menteri yaitu; a) Pencabutan berbagai
regulasi yang lahir dari Pemerintah Daerah; b) Kebebasan dalam memilih penggunaaan atribut
tanpa kekhasan agama atau dengan menggunakan kekhasan agama baik bagi pendidikan maupun
peserta didik; c) Adanya sanksi bagi pelanggar kebijakan SKB 3 Menteri tersebut; d) Pemerindah
daerah dan kepala sekolah pemerintah tidak akan mengeluarkan kebijakan yang mengatur
mewajibkan atau melarang terkait penggunaan atribut/seragam sekolah; dan e) Tumbuh
kembangnya perilaku toleransi, moderat, dan saling menghargai tidak ada paksaan di lingkungan
lembaga pendidikan.
Keywords: Kebijakan, Surat Keputusan Bersama, Atribut
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 04:31 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 04:31 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/692 |