Bashori, Bashori (2020) Resolusi manajemen konflik (kajian manajemen konflik di lembaga pendidikan islam). CIVIC-CULTURE: JURNAL ILMU PENDIDIKAN PKN DAN SOSIAL BUDAYA, 4 (2). ISSN 257 9-9924
27-Resolusi manajemen konflik (kajian manajemen konflik di lembaga pendidikan islam).pdf - Published Version
Download (221kB)
Abstract
Dalam dinamika lembaga pendidikan Islam, sering kali muncul gejolak atau konflik,
baik konflik secara individu maupun konflik secara kelompok. Diakui atau tidak,
lembaga pendidikan Islam khususnya pondok pesantren dan madrasah, memiliki
kemungkinan konflik yang cukup tinggi dibandingkan dengan lembaga pendidikan
yang lain. Dari asumsi itulah tulisan ini bertujuan menganalisis peranan manajemen
konflik dalam menyelesaikan konflik yang terjadi di lingkup lembaga pendidikan
Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan objek kajian studi
literatur (library research) dan teknik pengumpulan data studi analisis dokumen yang
relevan. Berdasarkan kajian teori, dapat disimpulkan bahwa manajemen konflik
menjadi sangat sentral dalam mengembangkan konflik yang ada di lembaga
pendidikan pondok pesantren dan madrasah sebagai cara dalam mengembangkan
lembaga pendidikan Islam menjadi lebih baik. Sejalan dengan hal tersebut, maka
yang menjadi pokok perhatian kita dalam menyikapai konflik adalah bahwa konflik tidak dapat dihindari. Oleh sebab itu, mengendalikan konflik menjadi keharusan demi
mencapai tujuan dalam lembaga pendidikan Islam.
Kata Kunci: Manajemen Konflik, Lembaga Pendidikan Islam
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 07:35 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 07:35 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/685 |