Bashori, Bashori (2021) Kebijakan kurikulum muatan lokal bahasa dan sastra Minangkabau di SD/ SMP Kota Pariaman sebagai upaya pelestarian budaya. HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 10 (1).
25-Kebijakan kurikulum muatan lokal bahasa dan sastra Minangkabau di SD SMP Kota Pariaman sebagai upaya pelestarian budaya.pdf - Published Version
Download (366kB)
Abstract
Pembelajaran muatan lokal, merupakan salah satu wujud upaya pelestarian budaya di suatu
daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan kebijakan pemerintah kota
Pariaman mengenai diberlakukannya kembali muatan lokal dengan title Bahasa dan Sastra
Minangkabau di tingkat SD dan SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
desain studi kasus (case studi), dimana peneliti menjadi instrument kunci. Hasil penelitian ini
diperoleh bahwa penerapan muatan lokal wajib bahasa dan sastra Minang Kabau di Kota Pariaman
belum sepenuhnya terealisasi dengan baik sesuai dengan kurikulum 2013 yang berlaku. Hal itu
dapat diliat dari beberapa komponen pembelajaran yang di teliti berupa 1) Pelaksanaan muatan
lokal bahasa dan sastra Minangkabau belum mencapai sesuai tujuan sesuai dengan peraturan
pemerintah nomor 32 tahun 2013. Selain itu, kebijakan yang masih terbilang baru karena
diberlakukan pada masa pandemi 2020 sehingga pelaksanaan pembelajaran belum optimal; 2)
Metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik di SD maupun SMP pada umumnya masih
menggunakan metode ceramah dan demonstrasi. Namun, kedua metode ini belum mengantarkan
pada tujuan kurikulum 2013 dan belum terealisasi dengan baik; dan 3) Materi pembelajaran
untuk saat ini masih mengedepankan kesepakatan dari guru-guru di kota Pariaman, dan belum
adanya buku pedoman terkait sumber pembelajaran serta belum terstrukturnya RPP dengan
baik.
Kata Kunci: Kebijakan, Kurikulum Muatan Lokal, Bahasa dan Sastra Minangkabau
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 07:29 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 07:29 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/683 |