Bashori, Bashori (2017) Penerapan strategi reading aloud dalam meningkatkan hasil be;lajar siswa kelas VIII C pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Thamrin Yahya Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu, Riau. JURNAL PENELITIAN LPPM (LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT) IKIP PGRI MADIUN, 5 (1).
20-PEN~1.PDF - Published Version
Download (786kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII
C pada materi memahami isi kandungan surat al-Humazah dan at-Takatsur di MTs Thamrin Yahya
Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu. Dari 28 orang siswa kelas VIII C yang memperoleh nilai
di atas KKM sebesar 75 hanya 10 orang, sedangkan 18 orang siswa lainnya memperoleh nilai di
bawah KKM. Berdasarkan hasil temuan inilah, maka penulis berusaha untuk meningkatkan hasil elajar siswa kelas VIII C melalui sebuah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan strategi
Reading Aloud.
Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas VIII C yang berjumlah 28
orang siswa yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Sementara
objek penelitian ini adalah penerapan strategi Reading Aloud untuk meningkatkan hasil belajar
Al-Qur’an Hadis siswa kelas VIII C pada materi memahami isi kandungan surat al-Humazah dan
at-Takatsur di MTs Thamrin Yahya Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu. Pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar, wawancara, dan dokumentasi.
Setelah dilakukan pengolahan data, selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan teknik
analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan untuk menguji hipotesis penelitian ini,
dianalisis dengan uji tes “t”.
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Reading Aloud dapat
meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas VIII C pada materi memahami isi
kandungan surat al-Humazah dan at-Takatsur, dari rata-rata sebesar 69,86 pada sebelum tindakan
menjadi 76,29 pada siklus I dan 81,79 pada siklus II. Hasil uji hipotesis diperoleh harga to sebesar
19,494 jauh lebih besar dari nilai ttabel pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Dengan demikian
hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima. Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian ini, maka penulis
memberikan saran agar kiranya guru Al-Qur’an Hadits hendaknya dapat menerapkan berbagai
strategi pembelajaran aktif, khususnya strategi Reading Aloud secara berkesinambungan guna
mengatasi rendahnya hasil belajar siswa di sekolah.
Kata Kunci: Reading Aload, hasil belajar, Al-Qur’an Hadis
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 04:52 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 04:52 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/667 |