Bashori, Bashori (2017) Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) melalui penerapan model pembelajaran time token arends di MTs Yapita Tambusai Kabupaten Rokan Hulu. DIDAKTIK: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, II (2). ISSN 24775673
19-MEN~1.PDF - Published Version
Download (587kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas IX pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs PP.
YAPITA Tambusai Kabupaten Rokan Hulu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui penerapan model pembelajaran Time Token Arends pada mata
pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Metode penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas IX yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki
dan 10 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar. Setelah data terkumpul
selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif
kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan
model pembelajaran Time Token Arends dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX. Aktivitas belajar siswa kelas IX mengalami
peningkatan dari 53,13% pada sebelum tindakan menjadi 71,88% pada
siklus I dan akhirnya mencapai 87,50% pada siklus II. Sementara rata-rata
hasil belajar siswa kelas IX mengalami peningkatan dari 65,83 pada sebelum
tindakan menjadi 72,08 pada siklus I dan akhirnya mencapai 80,63 pada
siklus II. Demikian juga dengan ketuntasan kelas (klasikal) mengalami
peningkatan dari 37,50% pada sebelum tindakan, menjadi 70,83% pada
siklus I dan akhirnya mencapai 100% pada siklus II.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Time Token
Arend
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 04:50 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 04:50 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/666 |