Bashori, Bashori (2016) Manajemen konflik di tengah dinamika Pondok Pesantren dan Madrasah. MUSLIM HERITAGE, 1 (2).
16-Manajemen konflik di tengah dinamika Pondok Pesantren dan Madrasah.pdf - Published Version
Download (163kB)
Abstract
Dalam dinamika lembaga pendidikan Islam, pasti munsul gejolak atau konflik, baik
konflik secara individu maupun konflik secara kelompok. Diakui atau tidak,
lembaga pendidikan Islam khususnya
pondok pesantren dan
madrasah, memiliki
kemungkinan konflik yang cukup tinggi dibandingkan dengan lembaga pendidikan
yang lain. Dari asumsi itulah tulisan ini bertujuan menganalisis peranan manajemen
konflik dalam menyelesaikan konflik yang terjadi di lingkup lembaga pendidikan
Islam. Berdasarkan kajian teori, dapat disimpulkan bahwa manajemen konflik
menjadi sangat sentral dalam mengembangkan konflik yang ada di lembaga
pendidikan
pondok pesantren dan
madrasah sebagai cara dalam mengembangkan
lembaga pendidikan Islam menjadi lebih baik. Selain itu, karena sudah menjadi
keniscayaan bahwa konflik tidak dapat dihindari, maka mengendalikan konflik
menjadi keharusan demi mencapai tujuan dalam lembaga pendidikan Islam.
Keywords: conflict management, pesantren, madrasah.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 04:36 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 04:36 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/663 |