Bashori, Bashori (2020) Konsep kepemimpinan abad 21 dalam pengembangan lembaga pendidikan tinggi islam. PRODU: PROKURASI EDUKASI JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 1 (2).
11-Konsep kepemimpinan abad 21 dalam pengembangan lembaga pendidikan tinggi islam.pdf - Published Version
Download (580kB)
Abstract
Uraian dan pemikiran mengenai kepemimpinan Abad 21 ini beranjak dari pandangan bahwa pemimpin
harus mengenali secara tepat dan utuh mengenai kondisi dan aspirasi masyarakat atau orang-orang yang
dipimpinnya. Tanggung jawab pemimpin adalah memberikan solusi secara arif, efektif, dan produktif atas
berbagai permasalahan dan tantangan yang dihadapinya. Untuk itu, setiap pemimpin perlu memenuhi
kompetensi dan kualifikasi tertentu. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui definisi
kepemimpinan, fungsi dan tujuan kepemimpinan bagi lembaga pendidikan tinggi Islam di abad 21, serta
tantangan kepemimpinan abad 21 dan urgensi kepemimpinan bagi lembaga pendidikan Islam. Metode
penelitian ini adalah kualitatif melalui pendekatan konten analisis dengan teknik pengumpulan data
melalui berbagai referensi yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemimpin abad 21 yaitu;
1) Pemimpin yang menyukai dan mampu menghadapi berbagai tantangan; 2) Pemimpin yang mempunyai
rasa ingin tahu terhadap berbagai hal; 3) Pemimpin yang mampu membangun budaya kerja dan organisasi
yang mapan, kondusif, dan profesional; 4) Pemimpin yang mampu membangun komunikasi dengan
berbagai lini; 5) Pemimpin yang mempunyai komitmen akan kemajuan, kesejahteraan, dan keunggulan
bersama.
Kata Kunci: Kepemimpinan Abad 21, Pendidikan Tinggi Islam.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 04:19 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 04:19 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/658 |