Bashori, Bashori (2019) Kepemimpinan transformasional Kyai pada lembaga pendidikan islam. AL-TANZIM: JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 3 (2). ISSN 2549-5720
5-Kepemimpinan transformasional Kyai pada lembaga pendidikan islam.pdf - Published Version
Download (374kB)
Abstract
Penelitian ini menyajikan tentang kepemimpinan tranformasional Kyai dalam mengelola
lembaga pendidikan Islam agar supaya memiliki keunggulan dan daya saing yang kuat, di
tengah persaingan antara institusi pendidikan. Kajian tentang kepemimpinan Kyai memiliki
keunikan sendiri, mengingat Kyai merupakan sosok yang kharismatik dan memiliki nilai
spiritualitas tinggi bagi suatu komunitas masyarakat, yang harus memerankan peran ganda
sebagai leader dan juga manager pada lembaga pendidikan yang dipimpinnya, yaitu pondok
pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis library research. Tekhnik
analisis datanya menggunakan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Kyai sebagai
pemimpin yang transformatif dalam mengelola lembaga pendidikannya, khususnya pondok
pesantren memiliki empat dimensi; Pertama, kepemimpinan kharismatik, di mana posisi Kyai
dijadikan sebagai panutan oleh pengikutnya, kedua inspirational motivation, di mana seorang
Kyai mampu menginsiprasi dan memberi motivasi bagi pengikutnya untuk mencapai tujuan
pesantren, ketiga, intellectual stimulation yang mampu menumbuhkembangkan ide dan gagasan
dari orang lain untuk memajukan lembaga pendidikan pesantren, keempat, individualized
consideration, di mana seorang Kyai mau mendengarkan aspirasi dan masukan-masukan orang
lain untuk pengembangan organisasi pendidikan yang dipimpinnya.
Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Kyai, Lembaga Pendidikan Islam.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 03:59 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 03:59 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/652 |