Aswirna, Prima (2022) Pengembangan e-modul berbasis etno-STEM berbantuan canva terintegrasi gordang sambilan terhadap keterampilan komunikasi peserta didik. JURNAL CERDAS MAHASISWA.
35-Pengembangan e-modul berbasis etno-STEM berbantuan canva terintegrasi gordang sambilan terhadap keterampilan komunikasi peserta didik.pdf - Published Version
Download (557kB)
Abstract
Keterampilan komunikasi peserta didik belum maksimal dalam setiap pembelajaran fisika karena
belum adanya bahan belajar yang membantu meningkatkan keterampilan komunikasi. Terlebih
lagi pembelajaran Fisika yang dikenal sulit dan abstrak membutuhkan bahan ajar yang dapat
membuat pemeblajaran Fisika lebih menyenagkan dan mudah dipahami.Penelitian ini bertujuan
untuk menghasilkan e-modul berbasis Etno-STEM berbantuan Canva terintegrasi alat musik
Gordang Sambilan terhadap keterampilan komunikasi peserta didik yang valid, praktis dan efektif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Developement) dengan
menggunakan model plomp dengan 3 tahap: 1) penelitian pendahuluan, 2) pengembangan
prototipe, dan 3) evaluasi atau penilaian. e-modul berbasis Etno-STEM berbantuan Canva
terintegrasi alat musik Gordang Sambilan terhadap keterampilan komunikasi peserta didik sangat
valid sebesar 89%, sangat praktis sebesar 88,27% dan sangat efektif sebesar 83,11%.
Kata kunci: E-modul, Etno-STEM, Canva, Gordang sambilan, Keterampilan Komunikasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 04:03 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 04:03 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/638 |