Aswirna, Prima (2021) Pengembangan asesmen higher order thinking skills (HOTS) berbantuan aplikasi lectora inspire terhadap kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif peserta didik. JURNAL CERDAS MAHASISWA.
29-PEN~1.PDF - Published Version
Download (432kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan penelitian ini yaitu menghasilkan Instrumen Asesmen HOTS
yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan ini adalah Plomp yang terdiri dari 3 tahap,
yaitu penelitian pendahuluan (Preliminary reseach), fase pengembangan atau prototipe
(development of prototype phase), dan fase penilaian (Assesment phase). Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas, angket praktikalitas, dan angket
efektifitas. Uji validitas asesmen HOTS diberikan kepada 3 orang validator ahli dinilai dari aspek
materi, media, dan bahasa. Uji praktikalitas asesmen HOTS diberikan kepada 2 orang pendidik
fisika dan 20 orang peserta didik dinilai dari aspek kemudahan dan keterbacaan soal dalam
pelaksanaan tes. Uji efektifitas diujikan kepada 20 orang peserta didik kelas XI IPA MAN 1
Padang dengan memberikan asesmen HOTS. Hasil penelitian ini telah dihasilkan asesmen HOTS
yang valid, praktis dan efektif. asesmen HOTS tersebut valid baik dari segi materi, media dan
bahasa dengan nilai rata-rata 87,10% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan soal HOTS
Fisika tersebut mempunyai nilai rata-rata yaitu 80,6% dengan kategori praktis, sedangkan untuk
keefektifan produk dilihat dari segi angket memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,6% dengan
kategori sangat efektif, sedangkan untuk asesmen HOTS diperoleh efektifitas soal sebesar 79,8%
dengan kategori efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa Asesmen Higher Order Thinking Skills
(HOTS) Berbantuan Aplikasi Lectora Inspire Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Berpikir
Kreatif Peserta Didik memenuhi criteria valid, praktis dan efektif.
Kata kunci: Asesmen HOTS, Lectora Inspire, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 03:45 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 03:45 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/633 |