Aswirna, Prima (2022) Pengembangan e-modul fisika berbasis STEM dengan prinsip pembangunan berkelanjutan terhadap literasi SAINS siswa kelas XI. JURNAL CERDAS MAHASISWA.
27-Pengembangan e-modul fisika berbasis STEM dengan prinsip pembangunan berkelanjutan terhadap literasi SAINS siswa kelas XI.pdf - Published Version
Download (887kB)
Abstract
Literasi”sains peserta”didik tergolong rendah”karena belum adanya”bahan ajar yang
membentuk kemampuan”literasi sains dengan menggunakan prinsip pembangunan
berkelanjutan.”Tujuan penelitian”yaitu menghasilkan”e-Modul berbasis”STEM dengan prinsip
pembangunan berkelanjutan terhadap literasi sains siswa kelas XI yang”valid, praktis, dan
effective.”Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan
model Plomp yang terdiri dari tiga taha: 1) penelitian pendahuluan, 2) pengembangan prototipe,
dan 3) evaluasi atau penilaian.”e-Modul berbasis STEM dengan prinsip pembangunan
berkelanjutan terhadap literasi sains dan sikap ramah lingkungan pada materi hukum
termodinamika dan pemanasan global sangat valid dengan rata-rata 83,72% , 77,77% untuk
validitas isi, 92% untuk bahasa, dan 81,4% untuk media. Kepraktisan pendidik sebesar 86,66%
dan peserta didik 85,66% yang termasuk kategori sangat praktis. Efektivitasnya dinilai sangat
efektif dengan”rata-rata peserta didik perempuan”89.5% dan laki-laki”88.7%. Hasil soal tes
literasi sains perempuan 82% dan laki-laki 81% dikategorikan sangat efektif.” Berdasarkan hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa e-Modul fisika berbasis STEM dengan prinsip pembangunan
berkelanjutan terhadap literasi sains siswa kelas XI memenuhi kriteria sangat valid, praktis, dan
efektif’.
Kata kunci : E-Modul, STEM, SDGs, Literasi Sains.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 03:41 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 03:41 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/632 |