Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kimia dengan penerapan cooperative learning model jigsaw pada kelas X IPA 3 di SMA Negeri 1 Padang

Aswirna, Prima (2012) Peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kimia dengan penerapan cooperative learning model jigsaw pada kelas X IPA 3 di SMA Negeri 1 Padang. JURNAL AL-TA’LIM, I (2).

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
6-Peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kimia dengan penerapan cooperative learning model jigsaw pada kelas X IPA 3 di SMA Negeri 1 Padang.pdf - Published Version

Download (60kB)

Abstract

Masalah PTK dalam penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penerapan Cooperative Learning
Model Jigsaw dalam pembelajaran kimia di kelas pada kelas X IPA3 SMA Negeri 1 Padang. Penelitian PTK ini
dilakukan dengan tahap-tahap: Perencanaan, Pelaksanaan. Observasi, dan Evaluasi dan Refleksi. Hasil penelitian
adalah ada beberapa aspek yang sangat penting dalam pembelajaran berhasil ditingkatkan dengan menggunakan
penerapan Cooperative Learning Model Jigsaw. Hasil evaluasi rata-rata tiap siklus menunjukkan ketuntasan
belajar meningkat dan rata-rata dari tiga tindakan menjadi 98,0%. Dapat disimpulkan penerapan Cooperative
Learning Model Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X IPA3 SMA Negeri 1 Padang
Kata Kunci : Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Prestasi Belajar dan Pembelajaran Kimia

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 09 Nov 2022 04:47
Last Modified: 09 Nov 2022 04:47
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/622

Actions (login required)

View Item
View Item