Aswirna, Prima (2012) Peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kimia dengan penerapan cooperative learning model jigsaw pada kelas X IPA 3 di SMA Negeri 1 Padang. JURNAL AL-TA’LIM, I (2).
6-Peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kimia dengan penerapan cooperative learning model jigsaw pada kelas X IPA 3 di SMA Negeri 1 Padang.pdf - Published Version
Download (60kB)
Abstract
Masalah PTK dalam penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penerapan Cooperative Learning
Model Jigsaw dalam pembelajaran kimia di kelas pada kelas X IPA3 SMA Negeri 1 Padang. Penelitian PTK ini
dilakukan dengan tahap-tahap: Perencanaan, Pelaksanaan. Observasi, dan Evaluasi dan Refleksi. Hasil penelitian
adalah ada beberapa aspek yang sangat penting dalam pembelajaran berhasil ditingkatkan dengan menggunakan
penerapan Cooperative Learning Model Jigsaw. Hasil evaluasi rata-rata tiap siklus menunjukkan ketuntasan
belajar meningkat dan rata-rata dari tiga tindakan menjadi 98,0%. Dapat disimpulkan penerapan Cooperative
Learning Model Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X IPA3 SMA Negeri 1 Padang
Kata Kunci : Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Prestasi Belajar dan Pembelajaran Kimia
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 04:47 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 04:47 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/622 |