Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Implementasi pengintegrasian keislaman dalam pengenalan konsep matematika anak usia dini

Aswirna, Prima (2020) Implementasi pengintegrasian keislaman dalam pengenalan konsep matematika anak usia dini. MATH EDUCA JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 4 (1). ISSN 2598-2133

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
4-Implementasi pengintegrasian keislaman dalam pengenalan konsep matematika anak usia dini.pdf - Published Version

Download (813kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang implementasi pengintegrasian keislaman
dalam mengenalkan konsep matematika pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah anak kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Terpadu
Assakinah dan informan dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah. Teknik validitas data dalam
penelitian ini adalah menggunakan triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian dari
implementasi pengintegrasian keislaman dalam pengenalan kosep matematika pada anak kelompok B
Taman Kanak-kanak Islam Terpadu yaitu dengan membiasakan anak membaca basmalah sebelum memulai
proses kegiatan pebelajaran matematika dan mengakiri dengan hamdalah, mengenalkan konsep angka
melalui penggunaan kalender Hijriah, mengenalkan pada anak kisah-kisah para tokoh-tokoh matematika
dalam peradaban islam, mengenalkan ornamen-ornamen islam dalam konsep geometri, mengenalkan
himpunan melalui penggunaan istilah dan nama-nama islam, serta penggunaan metode bermain pada
aljabar.
Kata kunci: Pengenalan Konsep Matematika, Integrasi Keislaman, Anak Usia Dini

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 09 Nov 2022 04:43
Last Modified: 09 Nov 2022 04:43
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/620

Actions (login required)

View Item
View Item