Aswirna, Prima (2020) Implementasi pengintegrasian keislaman dalam pengenalan konsep matematika anak usia dini. MATH EDUCA JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 4 (1). ISSN 2598-2133
4-Implementasi pengintegrasian keislaman dalam pengenalan konsep matematika anak usia dini.pdf - Published Version
Download (813kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang implementasi pengintegrasian keislaman
dalam mengenalkan konsep matematika pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah anak kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Terpadu
Assakinah dan informan dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah. Teknik validitas data dalam
penelitian ini adalah menggunakan triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian dari
implementasi pengintegrasian keislaman dalam pengenalan kosep matematika pada anak kelompok B
Taman Kanak-kanak Islam Terpadu yaitu dengan membiasakan anak membaca basmalah sebelum memulai
proses kegiatan pebelajaran matematika dan mengakiri dengan hamdalah, mengenalkan konsep angka
melalui penggunaan kalender Hijriah, mengenalkan pada anak kisah-kisah para tokoh-tokoh matematika
dalam peradaban islam, mengenalkan ornamen-ornamen islam dalam konsep geometri, mengenalkan
himpunan melalui penggunaan istilah dan nama-nama islam, serta penggunaan metode bermain pada
aljabar.
Kata kunci: Pengenalan Konsep Matematika, Integrasi Keislaman, Anak Usia Dini
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 04:43 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 04:43 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/620 |