Kustati, Martin (2020) Integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran bahasa indonesia di Sekolah Dasar Islam Terpadu Azkia Padang. PREMIERE EDUCANDUM: JURNAL PENDIDIKAN DASAR DAN PEMBELAJARAN, 10 (81). ISSN 2528-5173
24-Integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran bahasa indonesia di Sekolah Dasar Islam Terpadu Azkia Padang.pdf - Published Version
Download (322kB)
Abstract
Salah satu implikasi dari terselenggaranya kurikulum 2013 pada tingkat Madrasah
Ibtidayah atau Sekolah Dasar adalah menyatunya beberapa muatan pelajaran (umum) dalam satu
tema. Penggabungkan tersebut dengan sendirinya semakin memberikan jarak atau dikotomi antara
kelompok muatan pelajaran umum dengan mata pelajaran PAI. Oleh itu, perlu kompetensi yang
disebut sebagai integrasi yaitu memadukan muatan pelajaran umum dengan ruh nilai-nilai Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengungkapkan level pengintegrasian nilai-nilai
Islam dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SDIT Adzkia Padang. Metode pada penelitian ini
adalah kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah
wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dari penelitiian ini ditemukan bahwa level
pengintegrasian nilai-nilai Islam pada pembelajaran bahasa Indonesia di SDIT Adzkia meliputi level
filosofis, level metode dan pendekatan research, level materi, level strategi, level evaluasi. Satu hal
yang unik yang dimiliki oleh sekolah ini adalah pengintegrasian pada level komunikasi. Level
pengintegrasian di SDIT ini juga perlu didukung oleh pengetahuan dan pemahaman guru mengenai
worldview pengintegrasian Islam dengan ilmu yang komprehensif tidak hanya pada level aksiologi
dan epistimologinya, namun juga ontologinya.
Kata kunci: Level pengintegrasian, nilai-nilai Islam, pembelajaran bahasa Indonesia
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 05:16 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 05:16 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/409 |