Trinova, Zulvia (2018) Motivasi intrinsik dan ekstrinsik dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada bidang studi quran hadis di MAN Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. JURNAL TARBIYAH ISLAMIYAH: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, B (1).
59-MOT~1.PDF - Published Version
Download (428kB)
Abstract
Permasalahan yang ditemukan adalah kurangnya motivasi dalam aktivitas belajar pada
bidang studi Quran Hadis di MAN Lubuk Alung. Salah satu indikatornya adalah masih
adanya peserta didik yang tidak mau bertanya kepada guru jika belum memahami materi
ajar dan masih terdapat peserta didik yang kurang percaya diri untuk tampil ke depan
kelas. Maka dalam menyikapi permasalahan tersebut, motivasi dari guru sebagai pendidik
di sekolah, dan orang tua sebagai pendidik yang utama sangat dibutuhkan.Jenis penelitian
Ramakualitatif. Motivasi intrinsik dan ekstrinsik dapat meningkatkan aktivitas belajar
peserta didik pada bidang studi Quran Hadis seperti pemberian tantangan, kesempatan
kepada peserta didik untuk memilih aktivitas, meningkatkan rasa ingin tahu dan
menggunakan fantasi dalam proses pembelajaran. Di samping itu, guru bidang studi
Quran Hadis juga memberikan hadiah dan nasehat, serta memberikan pujian terhadap
keberhasilan peserta didik.
Kata Kunci: Motivasi Intrinsik; Ekstrinsik; Aktivitas Belajar; Qur’an Hadis
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 03:33 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 03:33 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/397 |