Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Media interaktif animasi dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik

Trinova, Zulvia (2019) Media interaktif animasi dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. JURNAL TARBIYAH AL-AWLAD, IX (I).

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
58-MEDIA INTERAKTIF ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK.pdf - Published Version

Download (171kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran tematik yang masih dilakukan terpisah oleh
pendidik, pendidik lebih banyak memberi daripada menfasilitasi dan peserta didik lebih banyak diam
dan mendengarkan. Selain itu, pendidik belum memanfaatkan media pembelajaran yang menarik dan
menyenangkan di dalam proses pembelajaran, pendidik hanya mengajar dengan buku pegangan saja
sehingga membuat aktivitas belajar peserta didik rendah dan peserta didik tidak bersemangat serta
tidak termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta
didik kelas IB pada pembelajaran tematik dengan menggunakan media interaktif animasi. Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua
pertemuan yang meliputi empat tahap tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Dari hasil penelitian telah diperoleh aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan
dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I pertemuan pertama aktivitas belajar peserta didik berada dalam
kategori cukup kemudian meningkat persentase pada pertemuan kedua. Dengan aktivitas belajar yang
demikian, maka hasil belajar peserta didik pada siklus I juga rendah, yaitu dari 20 orang peserta
didik hanya 3 orang yang tuntas dan 17 yang lain mendapat nilai di bawah KKM. Pada siklus II
pertemuan pertama aktivitas belajar peserta didik memiliki kategori baik dan meningkat pada
pertemuan kedua dengan persentase meningkat. Dengan meningkatnya aktivitas belajar peserta didik
pada siklus II maka hasil belajar peserta didik pun meningkat sebanyak 16 orang peserta didik yang
tuntas dan hanya 4 orang peserta didik yang tidak tuntas.
Kata Kunci: Media Interaktif Animasi, Pembelajaran Tematik, Kurikulum 2013, Aktivitas Belajar, Peserta Didik

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 14 Oct 2022 03:31
Last Modified: 14 Oct 2022 03:31
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/396

Actions (login required)

View Item
View Item