Trinova, Zulvia (2019) Analisis kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal koneksi matematis. MATH EDUCA JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3 (2). ISSN 2598-2133
55-ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONEKSI MATEMATIS.pdf - Published Version
Download (501kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik dan faktor
penyebab kesulitan peserta didik dalam menjawab soal koneksi matematika kelas XI IPA MAN Kota Pariaman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik
kelas XI IPA 2 yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2018/2019. Sumber penelitian yang dijadikan
sumber data kualitatif terdiri 6 peserta didik berdasarkan kemampuan koneksi matematis. Pengumpulan data
dilakukan melalui tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan-kesulitan peserta didik
dalam menjawab soal koneksi matematikanya yaitu (1) kurang memahami konsep matematika yang telah
dipelajari (2) kesulitan mengaitkan konsep matematika yang telah diketahui sebelumnya dalam menyelesaikan
soal (3) kesulitan menggunakan prinsip pertidaksamaan dalam menggambarkan grafik daerah penyelesaian
(4). Kurang menguasai prosedur dalam menyelesaikan masalah verbal atau soal cerita. Faktor penyebab
kesulitan belajar matematika meliputi; kesulitan memahami maksud soal, kurang memahami konsep; kesulitan
dalam menghitung; kecerobohan atau kurang teliti.
Kata kunci: Kesulitan Belajar, Pemecahan Masalah, Koneksi Matematis
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 08:19 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 08:19 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/392 |