Trinova, Zulvia (2020) Kepemimpinan dosen pendidikan islam pada era revolusi industri 4.0. PRODU: PROKURASI EDUKASI JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 2 (1). ISSN 2721-3439
48-KEPEMIMPINAN DOSEN PENDIDIKAN ISLAM PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.pdf - Published Version
Download (399kB)
Abstract
Pertumbuhan era yang sangat cepat membutuhkan kesiapan mental diri untuk menghadapi dinamika era
revolusi industri 4.0. Dosen Pendidikan Islam, di samping sebagai pendidik dan pengajar juga sebagai
pemimpin. Untuk itu, dibutuhkan seorang dosen Pendidikan Islam yang memahami perannya dengan baik
sehingga dapat menjalankan fungsi kepemimpinannya secara optimal di era revolusi industri 4.0. Penelitian
kepustakaan (library research) ini dilakukan dengan mengkaji berbagai literatur dan analisis mengenai
kepemimpinan dosen pendidikan Islam di era revolusi industri 4.0. Teknik pengumpulan data, dilakukan
dengan penganalisisan dari berbagai sumber yang tersedia tentang kepemimpinan bagi dosen Pendidikan
Islam di era revolusi industri 4.0. Dosen Pendidikan Islam sebagai seorang pemimpin mengedepankan etos
kerja dalam memimpin yang berdasarkan panggilan jiwa, memimpin dengan kemauan keras, memimpin
dengan tulus, memimpin dengan tuntas, memimpin dengan kreatif, memimpin dengan unggul. Dosen
Pendidikan Islam mempunyai peran sebagai teladan, inspirator, agen perubahan, pengembang budaya
Islami di era revolusi industri 4.0. Seluruh pihak perlu bekerja sama untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran dalam menghadapi ancaman dan tantangan pada era revolusi industri 4.0 secara optimal.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Dosen Pendidikan Islam, Era Revolusi Industri 4.0, Etos Kerja, Kreatif
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 07:34 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 07:34 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/385 |