Trinova, Zulvia (2022) Penerapan model pembelajaran debat aktif dalam bidang studi pendidikan agama islam SMAN 5 Payakumbuh. JURNAL PENDIDIKAN DASAR DAN SOSIAL HUMANIORA (JPDSH), 1 (5).
32-PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMAN 5 PAYAKUMBUH.pdf - Published Version
Download (304kB)
Abstract
Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) belum
melaksanakan langkah-langkah pembelajaran dengan
menggunakan model Debat Aktif. Kemudian dalam pembelajaran
dengan menggunakan model Debat Aktif peserta didik ada yang
aktif dan masih ada yang tidak aktif. Tujuan diadakan penelitian
ini untuk menjelaskan perencanaan pembelajaran dengan model
debat aktif dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam,
pelaksanaan pembelajaran dengan model debat aktif dalam
bidang studi Pendidikan Agama Islam dan hasil belajar peserta
didik dengan model pembelajaran debat aktif. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan
deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah
Perencanaan pembelajaran dengan model Debat Aktif dalam
bidang studi Pendidikan Agama Islam bahwa Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dibuat oleh guru
Pendidikan Agama Islam di SMAN 5 Payakumbuh sudah baik, dan
sudah sesuai dengan RPP Kurikulum 2013 dalam membuat
perencanaan pembelajaran dengan model Debat Aktif dalam
bidang studi Pendidikan Agama Islam tentang materi berpakaian
sesuai dengan Syari’at Islam. Pelaksanaan Pembelajaran dengan
model Debat Aktif dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam
bahwa Guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 5 Payakumbuh
dalam melaksanakan pembelajaran dengan model Debat Aktif
sudah baik dan bagus, akan tetapi belum sempurna menerapkan
model Debat Aktif sesuai dengan langkah-langkah model tersebut
dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam tentang materi
berpakaian sesuai dengan Syari’at Islam. Hasil belajar peserta
didik dengan model Debat Aktif bahwa Hasil belajar peserta didik
di SMAN 5 Payakumbuh ketika menggunakan model Debat Aktif
ini rata-rata pada umumnya sudah baik dan sudah mencapai
batas maksimal. Peserta didik lebih memahami materi
berpakaian sesuai dengan Syari’at Islam menggunakan model
Debat Aktif dengan baik sehingga mencapai hasil yang maksimal.
Keywords: Model Pembelajaran Debat Aktif, Pendidikan Agama
Islam
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 04:20 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 04:20 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/369 |