Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Model quantum learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritas peserta didik

Trinova, Zulvia (2022) Model quantum learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritas peserta didik. TARBIYAH AL-AWLAD UNIVERSITAS IMAM BONJOL PADANG.

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
27-MODEL QUANTUM LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITAS PESERTA DIDIK.pdf - Published Version

Download (385kB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi di sekolah dasar, yaitu masih rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik
pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Pendidik belum menerapkan model-model pembelajaran yang
melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik di sekolah dasar sehingga mendorong para pendidik untuk
mencari ide atau pemikirannya terkait dengan model pembelajaran dalam pembelajaran tematik yang mampu
meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui analisis
model pembelajaran Quantum Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan
untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah Quantum Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir
kritis peserta didik pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah deskriptif analitis, dengan metode studi kepustakaan (library research). Teknik
pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu dokumentasi seperti buku pedoman, jurnal dan skripsi dan
sebagainya. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model
pembelajaran Quantum Learning pada pembelajaran Tematik yang melatih kemampuan berpikir kritis
peserta didik di sekolah dasar, model Quantum Learning menciptakan pembelajaran yang nyaman dan
menyenangkan dan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di SD/MI. Model Quantum
Learning menerapkan Langkah-langkah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di
SD/MI, langkah-langkah tersebut dapat melatih peserta didik merekonstruksi pengetahuan sebelumnya
dengan apa yang baru saja mereka pelajari, tujuan tertinggi yang dicapai dalam langkah ini yaitu mengasah
kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Kata Kunci: Quantum Learning, Berpikir Kritis, Pembelajaran Tematik

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:55
Last Modified: 13 Oct 2022 03:55
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/364

Actions (login required)

View Item
View Item