Trinova, Zulvia and Zen, Wahyuli Lius and Alfurqan, Alfurqan (2018) Pencapaian aspek afektif pembelajaran akidah akhlak di MTsN Limbanang Kabupaten Lima Puluh Kota. MURABBY JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 1 (2). pp. 119-130. ISSN 2622-4712
Pencapaian_Aspek_Afektif_Pembelajaran_Akidah_Akhlak_di_MTsN.pdf - Published Version
Download (480kB)
Abstract
Pada diri peserta didik telah tertanam suatu sikap atau tingkah laku maka guru atau pendidik dan wali muridlah yang harus menuntun dan mengarahkan mereka untuk berakhlak
mulia. Madrasah sebagai salah satu lambang pendidikan Islam dan menjadi loncatan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dan mempunyai peranan yang penting dalam
mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Secara operasional aspek afektif dapat dirumuskan bahwa suatu kegiatan atau cara untuk mencapai tingkah laku yang baik. Jenis penelitian ini yang penulis lakukan adalah bersifat field research dengan metode deskriptif yang menggambarkan
tentang pencapaian aspek afektif pembelajaran akidah akhlak di MTsN Limbanang Kabupaten Lima Puluh Kota. Hasil penelitian yang penulis lakukan di Madrasah Tsanawiyah MTsN
Limbanang Kabupaten Lima Puluh Kota sesuai dengan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang penulis lakukan tentang beberapa hal yaitu aspek afektif yang harus dicapai
dalam pembelajaran akidah akhlak, pengawasan guru terhadap siswa di lapangan atau di luar jam sekolah, dan kendala pencapaian aspek afektif dalam pembelajaran akidah akhlak.
Kata Kunci: Afektif, Akidah Akhlak, Madrasah
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 03:53 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 04:20 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/363 |