Trinova, Zulvia (2013) Pembelajaran berbasis student-centered learning pada materi pendidikan agama islam. AL-TA’LIM JOURNAL, I (4).
4-PEMBELAJARAN BERBASIS STUDENT-CENTERED LEARNING PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf - Published Version
Download (79kB)
Abstract
Dalam melakukan pembelajaran dibutuhkan seorang guru yang profesional, tidak hanya profesional
dibidangnya saja tapi juga profesional dalam memilih model pembelajaran. Salah satu alternatif model
pembelajaran yang memungkinkan dikembangkannya keaktifan setiap siswa adalah Pembelajaran Berbasis
Student Centered Learning (SCL). Dalam menerapkan konsep Student Centered Leaning (SCL), siswa dapat
berperan aktif dan mandiri dalam proses belajarnya, yang bertanggung jawab dan berinisiatif untuk mengenali
kebutuhan belajarnya. Dengan selalu berpegang pada nilai-nilai budaya, yang relevan dan sesuai dengan nilai�nilai Islam, maka pembelajaran PAI yang dilakukan dengan model Student Centered Learning (SCL), dengan
mengimplementasikan pendidikan Islam menjawab pembentukan manusia yang kompeten dalam kehidupannya
sebagai khalifah di bumi.
Kata Kunci: Student Centered Learning (SCL), Pendidikan Agama Islam, kebutuhan mahasiswa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 06:59 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 06:59 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/340 |