Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Pembelajaran berbasis student-centered learning pada materi pendidikan agama islam

Trinova, Zulvia (2013) Pembelajaran berbasis student-centered learning pada materi pendidikan agama islam. AL-TA’LIM JOURNAL, I (4).

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
4-PEMBELAJARAN BERBASIS STUDENT-CENTERED LEARNING PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf - Published Version

Download (79kB)

Abstract

Dalam melakukan pembelajaran dibutuhkan seorang guru yang profesional, tidak hanya profesional
dibidangnya saja tapi juga profesional dalam memilih model pembelajaran. Salah satu alternatif model
pembelajaran yang memungkinkan dikembangkannya keaktifan setiap siswa adalah Pembelajaran Berbasis
Student Centered Learning (SCL). Dalam menerapkan konsep Student Centered Leaning (SCL), siswa dapat
berperan aktif dan mandiri dalam proses belajarnya, yang bertanggung jawab dan berinisiatif untuk mengenali
kebutuhan belajarnya. Dengan selalu berpegang pada nilai-nilai budaya, yang relevan dan sesuai dengan nilai�nilai Islam, maka pembelajaran PAI yang dilakukan dengan model Student Centered Learning (SCL), dengan
mengimplementasikan pendidikan Islam menjawab pembentukan manusia yang kompeten dalam kehidupannya
sebagai khalifah di bumi.
Kata Kunci: Student Centered Learning (SCL), Pendidikan Agama Islam, kebutuhan mahasiswa

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 12 Oct 2022 06:59
Last Modified: 12 Oct 2022 06:59
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/340

Actions (login required)

View Item
View Item