Illahi, Rilci Kurnia and Khadijah, Khadijah and Gusmaneli, Gusmaneli and Masyhudi, Fauza and Azrul, Azrul (2023) Bimbingan Teknis Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Elektronik Guna Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Aqidah Akhlak. Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 11 (2). ISSN 2685-3329
Bimbingan_Teknis.pdf - Published Version
Download (503kB)
Abstract
Guru harus memiliki kemampuan dan keahlian untuk mengajar, membimbing dan memotivasi peserta didik untuk belajar dengan baik. Namun, masih banyak guru yang kurang mampu memenuhi persyaratan kompetensi pedagogik yang diperlukan. Oleh karena itu, perlu diberikan dukungan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru melalui pelatihan profesional dan pengembangan teknologi pendidikan E-LKPD. Hal ini membantu bahwa guru guna meningkatkan kompetensi pedagogik. Pengabdian ini menggunakan pendekatan Community Based Research (CBR) yang melibatkan guru Aqidah Akhlak, Kepala Madrasah, Pegawas MTs Kota Padang.Bimbingan teknis ini dilaksanakan dengan tiga tahapan, yaitu perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan. kegiatan bimbingan teknis dilakukan dalam 2 tahapan yaitu tahap 1 tentang uraian dan penjelasan mengenai Konsep Dasar Bahan Ajar dan LKPD, Tujuan Pembelajaran dan Kaitannya dengan LKPD, Kriteria LKPD. Di tahap 2 ini juga disampaikan mengenai Konsep E-LKPD, Demonstrasi Pembuatan E-LKPD, dan Praktik pembuatan E-LKPD. Bimbingan teknis E-LKPD ini merupakan inovasi teknologi yang dapat meningkatkan kompetensi pedagogik seorang guru Aqidah Akhlak. Di era digital seperti saat ini, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran menjadi semakin penting. Dengan bantuan E- LKPD, guru dapat membuat dan mengembangkan materi pembelajaran secara online dengan mudah dan efisien
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan teknis, E-LKPD, Kompetensi Pedagogik, Aqidah Akhlak |
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Maizi Latifa Pustakawan |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 08:47 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 08:47 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1875 |