Afnibar, Afnibar (2023) Bimbingan orang tua dalam mencegah kecanduan game online remaja di Nagari Padang Ganting Tanah. JIDER: JURNAL OF INSTRUCTIONAL AND DEVELOPMENT RESEARCHES, 3 (2). ISSN 2807-5471
9 - Bimbingan orang tua dalam mencegah kecanduan game online remaja di Nagari Padang Ganting Tanah.pdf - Published Version
Download (168kB)
Abstract
Remaja adalah generasi penerus bangsa, yang diharapkan menjadi anggota masyarakat berpendidikan dan berperilaku baik, kenyataanya banyak remaja yang kecanduan bermain game online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk bimbingan orang tua untuk menghadapi remaja yang kecanduan game online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki remaja kecanduan game online, dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh 12 orang remaja yang dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: 1) terdapat sebagian besar orang tua memberikan nasehat kepada remaja yang kecanduan bermain game online dan sebagian kecil lainnya tidak memberi atau jarang memberikan nasehat kepada remaja yang kecanduan game online, adapun nasehat yang diberikan dalam bentuk menegur anaknya yang kecanduan game online. 2) terdapat sebagian kecil yang memberikan keteladanan dan sebagian besarnya tidak memberikan keteladanan, adapun bentuk keteladanan yang diberikan orang tua yaitu memberikan keteladanan yang baik pada anak dengan bentuk menyuruh anak untuk melakukan hal-hal yang berkaitan dengan keagamaan. dan 3) terdapat sebagian besar yang memberikan pengawasan dengan cara mengontrol waktu bermain HP kepada remaja yang kecanduan game online dan sebagian kecil lainnya tidak memberikan atau jarang.
Kata Kunci: Bimbingan Orang Tua; Kecanduan Game Online; Remaja.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 18:25 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 18:25 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1735 |