Afnibar, Afnibar (2020) Analisis kesulitan mahasiswa dalam kuliah online (studi pada mahasiswa bimbingan konseling islam UIN Imam Bonjol Padang). AL IRSYAD: JURNAL BIMBINGAN KONSELING ISLAM, 11 (2). ISSN 2685-8479
4 - Analisis kesulitan mahasiswa dalam kuliah online (studi pada mahasiswa bimbingan konseling islam UIN Imam Bonjol Padang).pdf - Published Version
Download (787kB)
Abstract
Kesulitan belajar adalah suatu kondisi di mana seseorang tidak dapat belajar dengan baik, karena ada gangguan tertentu. Pada proses pembelajaran sering ditemukan mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam belajarnya, yang berdampak kepada hasil belajar yang diprolehnya. Kesulitan belajar disebabkan berbagai faktor, baik itu faktor internal (dalam diri) dan faktor eksternal (faktor dari luar). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara detil dan komprehensif tentang kesulitan belajar mahasiswa dalam kuliah online. Metode peneltian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data adalah mahasiswa jurusan Bimbingan Konseling Islam, berjumlah 60 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui media online memanfaatkan 2 (dua) whatsApp group.Adapun hasil yang diperoleh adalah sebagian besar mahasiswa menyampaikan tidak mengerti apa yang dijelaskan dosen, terbatasnya sumber belajar (seperti: buku-buku yang tidak tersedia), sulit berdiskusi dengan teman karena teman banyak yang tidak paham juga, tidak ada praktiknya untuk perkuliahan yang seharusnya praktik, waktu yang terbatas diberi dosen untuk menyelesaikan tugas, banyak gangguan baik dari lingkungan belajar yang tidak kondusif maupun tugas lain yang diberikan orang tua. Sebagian kecil mahasiswa menyampaikan tidak punya handphone android, sehingga meminjam handphone orang tua atau kakak, dan sulitnya memperoleh akses internet.
Kata Kunci : Kesulitan belajar, Mahasiswa, Kuliah online.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 17:56 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 17:56 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1727 |