Sudirman, Subhan Ajrin (2019) Dilatasi memori; leksikon Bahasa inggris melalui musik. PSYCHOPOLYTAN: JURNAL PSIKOLOGI, 2 (2). ISSN 2654-3672
4-Dilatasi memori; leksikon Bahasa inggris melalui musik.pdf - Published Version
Download (282kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara menghafal kosa kata bahasa Inggris melalui musik dengan tidak menggunakan musik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Taman Kanak-Kanak berusia antara 5,0 - 6,5 tahun. Dalam penelitian ini, musik digunakan sebagai sarana pengajaran kosa kata dalam bahasa Inggris.Temuan penelitian menunjukkan bahwa dalam hal tes kecerdasan tidak berbeda secara signifikan pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian ini juga menemukan bahwa kemampuan untuk mengingat leksikon bahasa Inggris anak saat pre tes antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil perhitungan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa antara kedua kelompok tersebut secara bersama-sama mengalami peningkatan kemampuan mengingat leksikon bahasa Inggris
baik yang disampaikan dengan metode konvensional maupun melalui musik dengan menggunakan lagu anak-anak berbahasa Inggris.
Kata kunci: memori, leksikon bahasa inggris, musik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama : Psikologi Islam |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 04:17 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 04:17 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1690 |