Sudirman, Subhan Ajrin (2020) English writing skills through perception of siri’ cultural values: optimism, social support, and academic self-efficacy. CAKRAWALA PENDIDIKAN, 39 (2).
1-English writing skills through perception of siri’ cultural values optimism, social support, amd academic self-efficacy.pdf - Published Version
Download (727kB)
Abstract
Penguasaan bahasa asing, terutama bahasa Inggris yang digunakan terutama dalam kancah internasional adalah salah satu bentuk peningkatan kualitas individu. Penelitian ini
bertujuan untuk menemukan dukungan empiris hubungan antara optimisme, dukungan sosial, efikasi diri akademik dengan penguasaan keterampilan menulis paragraf bahasa Inggris yang
dimediasi oleh persepsi nilai-nilai budaya Siri’. Nilai budaya siri merupakan hukum adat yg jadi pedoman dalam berpikir, bertindak, serta dalam membangun hubungan interpersonal dengan individu lain. Instrumen penelitian ini menggunakan writing task, skala optimisme, skala dukungan sosial, skala efikasi diri akademik , dan skala persepsi nilai budaya Siri’. Data dianalisis menggunakan pemodelan persamaan struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara optimisme, dukungan sosial, dan efikasi diri akademik, dan penguasaan keterampilan menulis paragraf bahasa Inggris akademik akan lebih kuat jika siswa mampu memahami nilai-nilai budaya Siri’ dengan baik. Hal ini layak menjadi perhatian bagi pendidik dan pemerhati pendidikan bahwa ketika siswa dituntut untuk dapat menguasai sebuah
materi belajar tidak hanya dari sisi kognitifnya saja yang diperhatikan, akan tetapi sisi psikologis dari peserta didik juga harus diperhatikan.
Kata Kunci: optimisme, dukungan sosial, efikasi diri akademik, persepsi nilai budaya siri’, keterampilan menulis bahasa Inggris
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama : Psikologi Islam |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 04:08 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 04:09 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1687 |