Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Gerakan emansipasi Ruhana Kuddus dalam memperjuangkan kesetaraan pendidikan perempuan di Minangkabau

Deliani, Nurfarida (2019) Gerakan emansipasi Ruhana Kuddus dalam memperjuangkan kesetaraan pendidikan perempuan di Minangkabau. HUMANISMA: JOURNAL OF GENDER STUDIES, 03 (02).

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
1-Gerakan emansipasi Ruhana Kuddus dalam memperjuangkan kesetaraan pendidikan perempuan di Minangkabau.pdf - Published Version

Download (423kB)

Abstract

Pada awal abad ke 19 di Minangkabau, perempuan diharuskan untuk mengurus rumah tangga, tidak diizinkan mendapatkan pendidikan dan keterampilan serta kedudukan yang
tinggi. Dengan kondisi yang belum beruntung tersebut, maka di kalangan perempuan melakukan pergerakan untuk keluar dari ketertindasan itu. Salah satu pergerakan itu dilakukan oleh Ruhana Kuddus melalui pendidikan perempuan. Untuk mengetahui hal-hal yang mempengaruhi gerakan emansipasi Ruhana Kuddus dalam memperjuangkan kesetaraan pendidikan perempuan di Minangkabau, digunakan metode penelitian sejarah dengan
menggunakan langkah-langkah yaitu pengumpulan sumber, yang menjadi sumber primer adalah Surat Kabar Soenting Melajoe, sedangkan sumber sekunder adalah wawancara, buku, jurnal dan data dari internet yang membahas tentang Ruhana Kuddus. Selanjutnya kritik sumber yang terdiri dari kritik internal dan eskternal. Setelah itu sintesis dan penulisan (historiografi). Hasilnya ditemukan yaitu faktor pendorong terdiri dari nilai agama, nilai adat, nilai sosial. Faktor penghambat yaitu perempuan buta huruf, ketatnya aturan adat istiadat, pandangan terhadap perempuan, pemberdayaan perempuan dan kepandaian perempuan.

Kata Kunci: Ruhana Kuddus, pendidikan perempuan, Soenting Melajoe, Minangkabau.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 26 May 2023 05:04
Last Modified: 26 May 2023 05:04
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1667

Actions (login required)

View Item
View Item