Wendry, Novizal (2021) Tujuan pendidikan islam menurut Al-Ghazali ditinjau dari perspektif hadis. EL-SUNNAH: JURNAL KAJIAN HADIS DAN INTEGRASI ILMU, 1 (2).
21-Tujuan pendidikan islam menurut Al-Ghazali ditinjau dari perspektif hadis.pdf - Published Version
Download (225kB)
Abstract
Adapun dalam pembuatan kurikulum, al- Ghazali memiliki dua kecenderungan, yaitu kecenderungan ke arah agama dan
kecenderungan pragmatis. Adapun aspek materi pendidikan Islam menurut pemikiran al-Ghazali meliputi: iman, akhlak, akal, sosial dan pendidikan jasmani. Tujuan pendidikan menurut hadis Nabi Muhammad adalah untuk menciptakan manusia yang berakhlak mulia, menciptakan manusia yang memiliki kehidupan yang seimbangan atara dunia dan akhirat, menciptakan manusia yang berguna dan berdayaguna bagi
dirinya, keluarganya, masyarakat, bangsa dan bahkan bermanfaat bagi dunia. Yang amanah dan bertanggungjawab, mewujudkan manusia yang terintegras idengan kemajuan dunia tanpa meninggalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam akhlak
Islami. Menurutnya, seorang guru yang baik, selain cerdas dan sempurna pikirannya, juga harus memiliki kualitas yang terpuji. Sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang
santri adalah rendah hati, mensucikan diri dari segala kejahatan, taat dan istiqamah. Sedangkan evaluasi pendidikan adalah segala bentuk kegiatan yang berkaitan dengan
tanggungjawabnya masing-masing dalam proses pendidikan. Tujuan pendidikan dalam perspektif hadis dapat diklasifikasikan sebagai berikut; tarbiyah jismiyah (pendidikan jasmani), tarbiyah ruhiyah, tarbiyah aqliyyah (pendidikan akal), tarbiyah wijdaniyyah (pendidikan emosi), tarbiyyah al-khuluqiyyah (pendidikan akhlak), dan tarbiyah
ijtima'iyyah (pendidikan sosial).
Kata Kunci: Tujuan Pendidikan, Al-Ghazali, Perspektif Hadis
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 16 May 2023 08:01 |
Last Modified: | 16 May 2023 08:01 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1650 |