Tafiati, Tafiati and Wendry, Novizal (2022) Nabi Muhammad SAW. Sebagai pendidik: studi tematis hadis perspektif morfosemantik dan didaktik. DIROYAH: JURNAL STUDI ILMU HADIS, 6 (2).
20-Nabi Muhammad SAW. Sebagai pendidik studi tematis hadis perspektif morfosemantik dan didaktik.pdf - Published Version
Download (684kB)
Abstract
Tulisan ini bertujuan mengungkap profil Nabi Muhammad Saw. sebagai pendidik. Kesuksesan Nabi Muhammad SAW membangun masyarakat Arab dari masyarakat jahiliyah menjadi masyarakat yang beradab kelas dunia, mengundang pertanyaan tentang bagaimana karakteristik dan profesionalisme Nabi Muhammad Saw. sebagai pendidik. Kajian dilakukan terhadap sejumlah hadis yang terkait, dengan pendekatan linguistic morfosemantik dan didaktik. Khusus untuk mengungkap karakteristik Nabi Muhammad SAW sebagai pendidik akan ditelusuri melalui hadis-hadis yang secara eksplisit memuat frasa Nabi sebagai pendidik. Sedangkan terkait
profesionalisme ditelusuri melalui hadis-hadis yang menggambarkan metoda Pendidikan yang dipraktekkan Nabi. Hasil penelusuran menemukan; 1) Ada tiga karakteristik Nabi Muhammad Saw. sebagai pendidik yang terlihat secara ekspilisit di dalam hadis, yaitu; a) mu’allim muyassir b)
ahsanu ta’lim dan c) arfaqu mu’allim. 2) Rasul mempraktekkan berbagai metode dalam pendidikan/pembelajaran, dan menggunakan metode yang tepat untuk suatu pembelajaran
tertentu, sebagai ujud professional Nabi Muhammad SAW sebagai pendidik.
Kata Kunci: Didaktik; Hadis; Morfosemantik; Pendidik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 16 May 2023 07:52 |
Last Modified: | 16 May 2023 07:52 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1649 |