Tafiati, Tafiati (2022) Nabi Muhammad SAW sebagai pendidik: studi tematis hadis perspektif morfosemantik dan didaktik. DIROYAH: JURNAL STUDI ILMU HADIS, 6 (2).
7-Nabi Muhammad SAW sebagai pendidik studi tematis hadis perspektif morfosemantik dan didaktik.pdf - Published Version
Download (684kB)
Abstract
Kajian dilakukan
terhadap sejumlah hadis yang terkait, dengan pendekatan linguistic morfosemantik dan didaktik.
Khusus untuk mengungkap karakteristik Nabi Muhammad SAW sebagai pendidik akan ditelusuri
melalui hadis-hadis yang secara eksplisit memuat frasa Nabi sebagai pendidik. Sedangkan terkait
profesionalisme ditelusuri melalui hadis-hadis yang menggambarkan metoda Pendidikan yang
dipraktekkan Nabi. Hasil penelusuran menemukan; 1) Ada tiga karakteristik Nabi Muhammad
Saw. sebagai pendidik yang terlihat secara ekspilisit di dalam hadis, yaitu; a) mu’allim muyassir b)
ahsanu ta’lim dan c) arfaqu mu’allim. 2) Rasul mempraktekkan berbagai metode dalam
pendidikan/pembelajaran, dan menggunakan metode yang tepat untuk suatu pembelajaran
tertentu, sebagai ujud professional Nabi Muhammad SAW sebagai pendidik.
Kata Kunci: Didaktik; Hadis; Morfosemantik; Pendidik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 09 May 2023 03:46 |
Last Modified: | 09 May 2023 03:46 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1607 |