Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Pemasaran Produk Pembiayaan Mudharabah dan Murabahah di KJKS BMT At-Taqwa Muhammadiyah Cabang Pasar Raya Kota Padang

Febriani, Ningsih Eka and Rahima, Zakia and Azizah, Fitrah and Arina, Fransiska (2021) Pemasaran Produk Pembiayaan Mudharabah dan Murabahah di KJKS BMT At-Taqwa Muhammadiyah Cabang Pasar Raya Kota Padang. Al Imam, 4 (1). pp. 37-43. ISSN 2086-1265

[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
Pemasaran_Produk_Pembiayaan_Mudharabah_dan_Murabahah_di_KJKS_BMT_At-Taqwa_Muhammadiyah_Cabang_Pasar_Raya_Kota_Padang.pdf - Published Version

Download (913kB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi penurunan jumlah nasabah produk pembiayaan mudharabah dan murabahah
di KJKS BMT At Taqwa Muhammadiyah Cabang Pasar Raya Kota Padang dari tahun 2015-2019 meskipun
sudah diterapkannya bauran pemasaran atau marketing mix produk. Tujuan penelitian untuk mengetahui
bauran pemasaran produk yang terdiri dari : strategi produk, tempat dan promosi. Metodologi penelitian
yang digunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian field research. Teknik
pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data berasal dari kepala
cabang, account officer, teller dan nasabah KJKS BMT At Taqwa Muhammadiyah Cabang Pasar Raya Kota
Padang. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa telah dilaksanakannya bauran pemasaran untuk mencapai
tujuan pemasaran, yaitu : 1) strategi produk pembiayaan mudharabah dan murabahah yang diterapkan
menggunakan moto lembaga, merek produk, kemasan produk, label pada kemasan, terus berusaha
meningkatkan kualitas produk dan meningkatkan pelayanan. 2) strategi tempat pembiayaan telah
memenuhi pertimbangan lokasi seperti akses yang mudah dijangkau, visibilitas yang baik, lalu lintas yang
ramai, tempat parkir yang luas, lingkungan yang mendukung dan sesuai dengan peraturan pemerintah. 3)
strategi promosi pembiayaan menerapkan promosi periklanan dengan membuat brosur, logo dan
menerapkan promosi penjualan pribadi dengan cara mempresentasikan secara langsung produk
pembiayaan mudharabah dan murabahah kepada masyarakat.

Item Type: Article
Subjects: Agama Islam > Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 26 Apr 2023 08:14
Last Modified: 26 Apr 2023 08:14
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1476

Actions (login required)

View Item
View Item