Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 18 Padang

Takdir, Askar and A, Hallen and Zen, Wahyuli Lius (2020) Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 18 Padang. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 6 (1): 10. pp. 88-94. ISSN 2502-0625

[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
HUBUNGAN_PERHATIAN_ORANG TUA_DENGAN_HASIL_BELAJAR_PESERTA_DIDIK_KELAS_VIII_DI_SMPN_18_PADANG.pdf - Published Version

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kerena banyaknya peserta didik di SMPN 18 Padang yang terlambat datang ke sekolah, malas belajar, tidak mengerjakan pr, peserta didik tidak lengkap membawa peralatan belajar, peserta didik berbicara kotor dan bercerita dengan temannya saat guru menjelaskan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar peserta didik SMPN 18 Padang. Batasan penelitian adalah (1) Bagaimana perhatian orang tua pada peserta didik di SMPN 18 Padang. (2) Bagaimana hasil belajar pada peserta didik di SMPN 18 Padang. (3) Apakah terdapat hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar peserta didik SMPN 18 padang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan tingkat perhatian orang tua pada peserta didik di SMPN 18 Padang. (2) Mendeskripsikan tingkat hasil belajar pada peserta didik di SMPN 18 Padang. (3) Melihat seberapa besar hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar peserta didik Di SMPN 18 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 221 orang dan jumlah sampel 69 orang yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian ini adalah angket. Data diolah dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 16, serta dianalisis dengan menggunakan rumus product moment correlation. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa perhatian orang tua peserta didik kelas VIII tergolong dalam kategori sedang dengan persentase 66,66 %, hasil belajar peserta didik kelas VIII tergolong dalam kategori sedang dengan persentase 59,42 %. Dari hasil pengolahan data didapatkan bahwa rxy =0,444 lebih besar dari rtabel untuk signifikan 1%= 0,302 dan 5%= 0,232, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya. Pada koefisien hubungan menunjukan arah hubungan yang positif, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 18 Padang

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maizi Latifa Pustakawan
Date Deposited: 17 Apr 2023 05:05
Last Modified: 17 Apr 2023 05:05
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1395

Actions (login required)

View Item
View Item