Marhamah, Marhamah (2021) Analisis strategi pembelajaran menurut Abuddin Nata pada mata pelajaran pendidikan agama islam. MURABBY: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 4 (2). ISSN 2622-4712
3-Analisis strategi pembelajaran menurut Abuddin Nata pada mata pelajaran pendidikan agama islam.pdf - Published Version
Download (254kB)
Abstract
Abuddin Nata sebagai pakar pendidikan memiliki pemikiran tersendiri tentang strategi
pembelajaran yang berkaitan dengan metode pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam (PAI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep strategi dan metode
pemebelajaran menurut Nata dengan melakukan studi kepustakaan. Sumber data primer adalah
buku-buku dan artikel karya Nata dan didukung oleh sumber lain sebagai sumber data sekunder.
Kemudian dilakukan content analysis. Bagi Nata secara esensial bahwa basis strategi
pembelajaran memiliki tiga unsur pokok yakni pendidik, peserta didik, dan tujuan pendidikan.
Dalam pembelajaran, dari pendidik kepada peserta didik atau dari peserta didik kepada pendidik,
memerlukan materi ajar untuk mencapai tujuan pendidikan. Ketiganya tidak dapat dipisahkan dan
unsur-unsur ini akan membentuk suatu triangle. Maka, jika hilang satu unsur saja, maka hilanglah
hakikat pendidikan Islam itu. Strategi pembelajaran yang dituntut sekarang, menurut beliau adalah
pembelajaran yang berpusat pada peserta didik bukan yang berpusat pada pendidik. Sementara itu,
strategi pembelajaran yang berkaitan dengan metode pembelajaran PAI yang menjadi perhatian
beliau adalah metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode penugasan,
metode pemecahan masalah, metode diskusi, dan metode simulasi.
Kata kunci: analisis, strategi, metode, pembelajaran
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfitri Pustakawan |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 09:00 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 09:00 |
URI: | https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1226 |