Search for collections on Scholar Repository UIN Imam Bonjol Padang

Konsep tawakkal dalam QS Ali Imran (tafsir maudhu’i) serta implikasi dalam pendidikan islam

Hasnah, Radhiatul (2021) Konsep tawakkal dalam QS Ali Imran (tafsir maudhu’i) serta implikasi dalam pendidikan islam. JURNAL CERDAS MAHASISWA, 3 (1).

[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
8-Konsep tawakkal dalam QS Ali Imran (tafsir maudhu’i) serta implikasi dalam pendidikan islam.pdf - Published Version

Download (712kB)

Abstract

Hasil dari penelitian ini adalah konsep tawakkal dalam Q.S Ali-Imran terdapat beberapa
ayat dan penulis memberikan tema pada ayat tentang tawakkal yaitu: (1) perintah tawakkal pada
ayat 122, (2) tawakkal setelah ikhtiar pada ayat 159-160, dan (3) Allah sebaik-baik
pelindung/wakil pada ayat 173-174. Dalam Q.S Ali-Imran ini juga terdapat keterkaitan terhadap
komponen pendidikan Islam, terhadap komponen pendidik, komponen peserta didik, komponen
tujuan pendidikan Islam yakni menjadikan peserta didik “insan kamil” dengan bentuk taqwa,
berilmu berakhlak mulia (tawakkal) dan terhadap komponen materi pendidikan Islam. Materi
pendidikan Islam diantaranya pendidikan akhlak yang terbagi menjadi akhlak kepada Allah,
akhlak kepada sesama dan lain-lain. Akhlak kepada Allah salah satunya adalah sikap tawakkal.
Kata Kunci: Tawakkal dalam Q.S Ali-Imran, Pendidikan Islam

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > L Education (General)
Depositing User: Zulfitri Pustakawan
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:43
Last Modified: 07 Mar 2023 07:43
URI: https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1180

Actions (login required)

View Item
View Item